logo fazpass
Home » Blog » Authentication » Missed Call OTP: Kenali Cara Kerja dan Keuntungannya

Missed Call OTP: Kenali Cara Kerja dan Keuntungannya

Apa itu missed call OTP dan bagaimana cara kerjanya? Cari tahu pengertian missed call OTP dan pentingnya jenis OTP satu ini untuk keamaan akun pengguna.
by Fazpass Indonesia
June 28, 2024
missed call otp: pengertian dan cara kerja

Meski one time password (OTP) konvensional sudah cukup aman, namun perusahaan tidak akan pernah letih dalam mencari opsi yang lebih baik. Missed call OTP misalnya, dengan segudang fitur dan keuntungan yang membuatnya tidak patut dilihat dengan sebelah mata.

Miscall OTP itu sendiri memiliki metode autentikasi yang unik. Pengguna layanan aplikasi hanya perlu memasukkan nomor telepon mereka, dan server akan otomatis mengirim panggilan. Uniknya, panggilan ini tidak perlu diangkat.

Bagaimana caranya? Sebagai perusahaan maupun pelanggan mereka, Anda tentunya ingin tahu seperti apa sistem dan kelebihannya. Maka itu, simak penjelasan tentang OTP berbasis missed call berikut.

Apa itu Missed Call OTP?

Sesuai dengan namanya, missed call OTP adalah metode verifikasi one-time password yang menggunakan panggilan yang tidak perlu diangkat. Panggilan ini dikirim ke nomor telepon yang meminta kode OTP tersebut.

Lalu, apa bedanya jika dibandingkan dengan SMS OTP dan WhatsApp OTP, yang juga memakai nomor telepon? Bedanya ada pada bagaimana sistem OTP memverifikasi dan mengesahkan pemilik nomor telepon.

Terkadang, nomor telepon fiktif atau palsu kerap digunakan untuk meminta kode OTP. Kehadiran sistem ini mampu menghindari nomor telepon yang tidak aktif, nomor telepon palsu, atau nomor telepon yang salah diketik.

Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan jika kode OTP dapat dikirim dengan sukses. Proses verifikasi jadi tidak terhambat, dan pengguna aplikasi layanan dapat kembali mengakses layanan tersebut.

Seperti jenis OTP lainnya, missed call ini juga dibekali dengan API (application programming interface). Perusahaan dapat melakukan integrasi, mengecek dashboard, hingga menerima laporan real-time darinya.

Bagaimana Cara Kerja Missed Call OTP?

Sekilas, sistem missed call ini tidak begitu besar perbedaannya dengan OTP yang umum digunakan perusahaan. Namun, cara kerjanya tidak sesimpel email OTP yang tinggal masukkan email, lalu dapat kodenya.

Pertama, pengguna layanan aplikasi meminta kode OTP untuk mengakses layanan tersebut. Server akan mendeteksi adanya permintaan kode OTP yang dikirim ke backend, lalu meminta nomor telepon pengguna.

Kemudian, pengguna perlu menambahkan nomor telepon yang memang saat ini dipakai. Nantinya akan ada pesan yang menjelaskan bahwa server layanan akan melakukan missed call sebagai pemberitahuan.

Tak lama setelah itu, akan muncul panggilan dari pihak perusahaan pemilik layanan yang beberapa detik kemudian langsung digagalkan. Empat nomor terakhir dari penelepon tadi adalah kode OTP yang diperlukan.

Baru setelah panggilan kilat tadi, pengguna layanan dapat memasukkan kode OTP empat nomor tadi ke kolom yang disediakan. Server lalu akan mengecek kembali input pengguna.

Apabila empat nomor yang dimasukkan sesuai dengan nomor penelepon tadi, maka verifikasi dinyatakan sukses. Beginilah cara kerja dari sistem OTP dengan missed call.

Keuntungan Menggunakan Missed Call OTP

How Missed Calls Verification Shield Online Transactions

Setelah memahami seperti apa itu missed call OTP dan cara kerjanya, bagaimana dengan keuntungannya? Tentunya sistem ini akan menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan yang ingin mengedepankan keamanan.

Jika ini yang ada di benak Anda, maka itu belum sepenuhnya tepat. Masih banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan mengandalkan sistem OTP ini. Kira-kira begini penjelasan dari tiap fiturnya:

Proses Integrasi ke API Lebih Mudah

Sesuai yang disebutkan di atas, OTP jenis missed call memiliki API. Bagi yang belum tahu, API ini merupakan interface penting yang dapat menghubungkan beberapa aplikasi dalam satu platform atau berbeda.

Lalu, apa pentingnya API? Dalam bisnis, API dapat menghubungkan dan mensinkronisasikan data dari berbagai aplikasi. Integrasi data dengan API akan dapat mengoptimalkan operasi, memberikan informasi bisnis, serta meningkatkan pengalaman customer.

Dalam konteksi ini, proses integrasi data dari OTP berbasis missed call dengan API akan lebih mudah. Pemilik layanan akan lebih cepat dalam memverifikasi nomor-nomor telepon yang digunakan dalam proses ini.

Hemat Biaya Operasional

Setiap perusahaan tentu ingin opsi yang dapat menghemat pengeluaran tiap bulan. Keinginan perusahaan tersebut dapat terkabul, jika menggunakan missed call sebagai metode autentikasi pelanggannya.

Mengapa demikian? Karena OTP jenis ini lebih hemat dibandingkan SMS OTP, bahkan hingga mencapai delapan kali lipat hematnya. Hal ini dikarenakan sistem SMS OTP yang mengeluarkan biaya jika terdapat penundaan.

Lebih hebatnya lagi, perusahaan juga hanya membayar untuk setiap OTP missed call yang terkirim saja. Jadi, apabila ada beberapa yang tidak terkirim, perusahaan tidak perlu khawatir dengan yang namanya rugi.

Proses Validasi Lebih Efektif

Semua OTP tentu memiliki proses validasinya masing-masing. Namun, OTP yang memakai missed call ini dikenal lebih efektif dari yang lain. Terutama saat proses validasi yang dilakukan dengan sangat cepat.

Tidak hanya sekedar cepat, sistem ini juga memungkinkan untuk mengingatkan pengguna layanan aplikasi, untuk mengetikkan nomor yang benar. Jadi, tingkat kesalahan seperti human error dapat dikurangi.

Ditambah lagi, jenis OTP ini dapat mengecek jika nomor yang dimasukkan adalah nomor palsu. Semua kelebihan itu terbukti membuat missed call sebagai opsi yang lebih efektif, untuk mengirim kode OTP.

Pembaruan Database Otomatis

Database yang dimiliki dari dashboard OTP ini juga dibekali dengan kelebihan yang tentu, membuat perusahaan sulit untuk tidak memilih opsi ini. Salah satunya yaitu pembaruan database yang dilakukan secara otomatis.

Fitur ini sangat krusial dalam mengoptimalkan operasional perusahaan. Misalnya, jika ada nomor milik pengguna yang tidak valid dari database, nomor tersebut tidak dibiarkan saja hingga menumpuk.

Database yang ditingkatkan dari sistem OTP berbasis missed call ini, akan langsung menghapus nomor tersebut. Hanya nomor yang sudah valid saja yang tinggal di database untuk berbagai keperluan perusahaan.

User Experience Lebih Baik

Banyak aplikasi yang berlomba-lomba untuk meningkatkan user experience (disingkat UX). Atau dengan arti lain, pengalaman yang dimiliki oleh pengguna aplikasi, selama menggunakan layanan aplikasi itu.

Lalu, bagaimana dengan user experience dari missed call OTP? Tentunya tak kalah bagusnya. Contohnya, saat verifikasi, pengguna layanan tidak perlu harus membuka aplikasi lain dahulu seperti email OTP, SMS OTP, dan WhatsApp OTP. 

Di sistem ini, proses verifikasi dilakukan secara langsung. Mulai dari mengetikkan nomor telepon, mendapat panggilan, hingga mengetikkan kode OTP yang diberikan. 

Bahkan, saat mengetikkan empat nomor itu, layanan aplikasi juga dapat melakukannya secara otomatis memakai fitur auto-fill. Selain efisien, hal ini juga dapat menghindari penyalahgunaan kode OTP tersebut.

Ekstra Keamanan untuk Akun

Di zaman di mana peretas yang semakin pandai, maka sistem keamanan juga dituntut untuk semakin kuat. OTP jenis missed call dapat digunakan juga sebagai penambah lapisan keamanan yang lebih aman.

Jenis OTP yang satu ini, dapat digunakan sebagai salah satu metode autentikasi dua-faktor, atau biasa disebut dengan 2FA. Dengan begitu, akun penting seperti rekening akan semakin sulit diretas begitu saja.

Kecepatan yang dimiliki dari sistem OTP ini pun, juga membuat peretas sulit untuk mendapatkan kode OTP tersebut. Mengingat jika proses verifikasi yang dapat dilakukan secara otomatis dengan fitur auto-fill.

Dengan mengetahui penjelasan miscall OTP di atas, perusahaan manapun tidak bisa meragukan lagi jenis one time password yang satu ini. Simpel, murah, dan efisien. Kelebihan yang sangat menguntungkan dalam bisnis.

Dapatkan Jasa Missed Call OTP Termurah di Fazpass!

fazpass: missed call otp

Anda sedang dalam usaha mencari penyedia Missed Call OTP terbaik? Fazpass solusinya! Kami adalah all-in-one OTP platform marketplace yang dapat membantu kebutuhan Missed Call OTP Anda.

Apa yang dilakukan Fazpass? Untuk contohnya, Fazpass dapat memberikan analisa lengkap agar perusahaan dapat  mengambil penyedia Missed Call OTP yang tepat sasaran. Namun, tidak hanya itu yang bisa kami lakukan.

Fazpass juga membantu perusahaan mengelola integrasi multi-channel dan vendor dengan cepat, dengan sekali integrasi. Fitur lainnya yang kami berikan berupa perpindahan provider secara mulus, dashboard analitika, dan biaya yang dapat Anda kendalikan.

Dan hal terbaiknya? Anda bisa mencoba layanan Fazpass kami dengan gratis. Maka itu, permudah pencarian jasa Missed Call OTP untuk perusahaan Anda bersama Fazpass.

Related Articles
Want to Keep Update on Fazpass Blog & Features?
For information about how Fazpass handles your personal data, please see our privacy policy.
fazpass logo
We are a Multi-Factor Authentication Solution Service Provider that helps enterprises engage with Omnichannel and Multi-Provider with just Single API Integration.
Jl. Delima I No. 10 Kav. DKI Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
ISO 27001FIDO_Alliance_Logo-1 1
crossmenuchevron-downchevron-right