logo fazpass
Home » Blog » Authentication » Tingkatkan Keamanan Bisnis Anda dengan OTP yang Aman dan Efisien 2024

Tingkatkan Keamanan Bisnis Anda dengan OTP yang Aman dan Efisien 2024

Gempuran era digital semakin berdampak nyata untuk bisnis Anda. Pembaruan teknologi yang terus terjadi tiap hari menjadikan situasi di dunia bisnis menjadi semakin kompleks, cepat, dan sangat beresiko tinggi. Fazpass hadir sebagai solusi verifikasi autentikasi generasi terbaru dengan mengurangi friction hingga 93% dan meningkatkan keamanan hingga 82%, Fazpass tidak hanya menghemat waktu dan uang tetapi […]
by Fazpass Indonesia
May 21, 2024
Image by rawpixel.com on Freepik

Gempuran era digital semakin berdampak nyata untuk bisnis Anda. Pembaruan teknologi yang terus terjadi tiap hari menjadikan situasi di dunia bisnis menjadi semakin kompleks, cepat, dan sangat beresiko tinggi. Fazpass hadir sebagai solusi verifikasi autentikasi generasi terbaru dengan mengurangi friction hingga 93% dan meningkatkan keamanan hingga 82%, Fazpass tidak hanya menghemat waktu dan uang tetapi juga mengurangi kerumitan dalam proses autentikasi.

Apa itu OTP?

OTP (One-Time Password) adalah kata sandi yang hanya bisa digunakan satu kali dalam jangka waktu tertentu atau untuk satu transaksi saja. OTP pada umumnya dikirim melalui SMS, email, atau aplikasi autentikasi khusus. Tujuannya adalah untuk menambah lapisan keamanan ekstra pada proses login atau transaksi online.

Mengapa OTP penting? 

Bayangkan Anda sedang melakukan transaksi perbankan online. Anda telah memasukkan username dan password Anda, tetapi untuk menyelesaikan transaksi, Anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel Anda. Dengan cara ini, meskipun seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka tetap tidak bisa mengakses akun Anda tanpa juga memiliki akses ke perangkat Anda untuk mendapatkan kode OTP tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda sedang berbelanja online dan akan melakukan pembayaran, situs web tersebut mungkin akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponsel Anda. Anda harus memasukkan kode ini dalam waktu singkat untuk menyelesaikan transaksi. Jika kode tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka kode tersebut akan kadaluarsa dan tidak bisa digunakan lagi.

OTP juga berguna untuk melindungi Anda dari serangan phishing atau peretasan. Sebagai contoh, jika seorang peretas mendapatkan akses ke kata sandi Anda, mereka tetap membutuhkan akses fisik ke perangkat Anda untuk mendapatkan OTP. Ini menambah lapisan perlindungan ekstra yang membuat akun Anda lebih aman.

Dalam dunia yang semakin digital dan rawan peretasan, penggunaan OTP menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi informasi pribadi dan finansial Anda.

Apakah Aplikasi Anda Masih Menggunakan OTP SMS atau WA?

Metode autentikasi berbasis OTP melalui SMS atau WhatsApp memiliki banyak kelemahan. OTP seringkali bermasalah dalam login karena rendahnya tingkat verifikasi, serangan man-in-the-middle, dan pengalaman pengguna yang buruk. 

Dalam konteks lupa kata sandi, metode OTP menambah biaya tambahan yang signifikan, meningkatkan permintaan dukungan pelanggan, frustrasi pengguna, dan potensi kehilangan pengguna. Validasi transaksi melalui OTP juga rentan terhadap berbagai metode serangan, seperti rekayasa sosial dan serangan malware, yang dapat menyebabkan kerugian finansial, masalah hukum, dan hilangnya kepercayaan pengguna. 

Pengguna yang beralih perangkat mungkin tidak menerima OTP jika perangkat baru mereka belum terdaftar atau ada keterlambatan pengiriman OTP.

Kelemahan OTP Tradisional

Meski OTP tradisional menawarkan keamanan, metode ini memiliki banyak kelemahan. OTP yang dikirim melalui SMS dapat dicegat oleh penyerang yang menggunakan teknik seperti SIM swapping.

Berikut beberapa alasan yang mengapa OTP memiliki kelemahan yang signifikan:

Kasus Phishing OTP

Seorang peretas mengirim email palsu yang tampak resmi dari bank kepada korban. Email tersebut meminta korban untuk memasukkan kode OTP yang diterima melalui SMS dengan alasan verifikasi keamanan. Setelah korban memasukkan kode OTP di situs palsu tersebut, peretas langsung menggunakan kode tersebut untuk masuk ke akun bank korban dan melakukan transaksi ilegal.

Serangan SIM Swap

Peretas mengumpulkan informasi pribadi korban melalui media sosial atau metode lain, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk meyakinkan penyedia layanan seluler korban agar mentransfer nomor telepon korban ke kartu SIM yang dimiliki peretas. Setelah berhasil, peretas dapat menerima semua SMS OTP yang dikirim ke nomor telepon korban, memungkinkan mereka untuk mengakses akun-akun yang dilindungi oleh OTP tersebut dan melakukan transaksi yang tidak sah.

Mahal

Biaya per SMS OTP dapat mencapai Rp.500 dan Rp.400 per WhatsApp OTP. Penggunaan metode ini menjadi tidak efisien secara biaya, terutama untuk perusahaan yang harus mengirim ribuan atau bahkan jutaan OTP setiap harinya.

Kurang Andal dan Lambat

Sebanyak 40% SMS OTP tidak berhasil diverifikasi. Hal ini menunjukkan tingkat keberhasilan yang rendah serta menimbulkan kekecewaan bagi pengguna yang gagal menerima atau menggunakan OTP mereka dalam waktu yang ditentukan. 

Tidak tersedianya status pengiriman untuk SMS dan user journey yang buruk untuk WhatsApp OTP juga membuat metode ini lambat dan bermasalah.

Potensi Penipuan yang Tinggi

Tidak adanya status pengiriman untuk SMS dan user journey yang buruk meningkatkan risiko terjadinya spam dan penipuan. Peretas dapat memanfaatkan kelemahan ini untuk mengirimkan pesan palsu atau mencoba mencuri informasi pribadi pengguna.

Mengapa Fazpass Seamless Authentication Merupakan Solusi yang Lebih Baik?

Fazpass Seamless Authentication menawarkan solusi autentikasi yang lebih efisien, dapat diandalkan, cepat, user-friendly, dan aman dibandingkan dengan metode OTP tradisional. 

Fazpass mengurangi biaya dengan hanya membayar per pengguna aktif bulanan (MAU) dan tarif tunggal untuk semua negara. Dengan tingkat verifikasi tinggi dan pengalaman pengguna yang lancar, Fazpass memastikan proses autentikasi yang cepat tanpa friksi. Selain itu, Fazpass memberikan keamanan tinggi dengan verifikasi perangkat.

Berikut tabel yang mendeskripsikan perbedaan antara Fazpass Seamless Authentication dengan metode autentikasi lain:

Proses Verifikasi

Fazpass Seamless

Tanpa Seamless

Langkah 1 Masukkan nomor telepon Masukkan nomor telepon
Langkah 2 Verifikasi berhasil Minta kode OTP
Langkah 3 - Terima kode OTP
Langkah 4 - Masukkan kode OTP
Langkah 5 - Verifikasi berhasil
Jumlah Langkah 1 langkah 5 langkah
Kecepatan Cepat, verifikasi instan Lambat, memerlukan beberapa langkah
Kenyamanan Pengguna Sangat nyaman, frictionless Kurang nyaman, banyak langkah
Resiko Kegagalan Rendah, minim kesalahan Tinggi, banyak potensial titik kegagalan

Cara Kerja Fazpass Seamless Authentication

Autentikasi Multi-Faktor (MFA) adalah mekanisme keamanan yang meminta pengguna untuk memberikan lebih dari satu jenis verifikasi identitas sebelum mendapatkan akses ke suatu sistem atau aplikasi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai proses autentikasi dengan MFA:

Pendaftaran Awal

Pada tahap ini, pengguna pertama kali mendaftar ke sistem dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi mereka. Selain itu, mereka juga perlu menautkan faktor tambahan yang akan digunakan untuk verifikasi identitas di masa mendatang. Faktor tambahan ini bisa berupa perangkat ponsel, yang nantinya akan menerima kode OTP (One-Time Password), atau data biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

Login Awal

Ketika pengguna ingin mengakses sistem, mereka memulai proses login dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Ini adalah langkah pertama dalam memastikan identitas mereka.

Permintaan Verifikasi Tambahan

Setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi, sistem tidak langsung memberikan akses. Sebaliknya, sistem akan meminta bentuk verifikasi tambahan. Ini bisa berupa pengiriman kode OTP ke perangkat ponsel pengguna, meminta jawaban atas pertanyaan keamanan yang telah diatur sebelumnya, atau menggunakan data biometrik untuk verifikasi.

Verifikasi Tambahan

Pengguna harus memasukkan informasi tambahan yang diminta oleh sistem. Misalnya, memasukkan kode OTP yang telah diterima di ponsel, menjawab pertanyaan keamanan, atau melakukan verifikasi biometrik. Sistem kemudian akan memeriksa keabsahan informasi tersebut untuk memastikan bahwa pengguna yang mencoba mengakses adalah benar-benar yang terdaftar.

Akses Diberikan atau Ditolak

Jika semua informasi yang diberikan oleh pengguna sesuai dengan data yang terdaftar di sistem, maka akses akan diberikan. Namun, jika ada ketidaksesuaian atau informasi yang diberikan tidak valid, akses akan ditolak. Hal ini memastikan bahwa hanya pengguna yang terverifikasi dengan benar yang dapat masuk ke sistem.

Dengan meminta beberapa jenis verifikasi identitas, MFA membuat upaya akses ilegal menjadi sangat sulit. Seorang peretas tidak hanya harus mengetahui kata sandi pengguna, tetapi juga harus memiliki akses ke perangkat ponsel pengguna untuk menerima OTP atau harus bisa meniru data biometrik pengguna. Kombinasi dari beberapa faktor verifikasi ini menjadikan keamanan lebih kokoh dan memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan digital.

Baca di sini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kombinasi dari beberapa faktor verifikasi menjadikan keamanan lebih kokoh dan memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan digital.

Manfaat Implementasi Fazpass Seamless Authentication

Implementasi Fazpass Seamless Authentication tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan efisien, menjadikannya solusi ideal untuk kebutuhan autentikasi modern.

 

Berikut beberapa poin penting mengenai keuntungan apa saja yang akan bisnis Anda dapatkan melalui implementasi Fazpass Seamless Authentication:

User-Friendly

Fazpass memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik dengan mengurangi hambatan dan mempercepat proses login. Pengguna tidak perlu lagi menghadapi kerumitan memasukkan kode OTP atau menjawab pertanyaan keamanan yang memakan waktu. Dengan Fazpass, login menjadi lebih sederhana dan cepat, sehingga meningkatkan kepuasan pengguna.

Pencegahan Penipuan

Solusi pencegahan penipuan yang ditawarkan oleh Fazpass melindungi bisnis dan pelanggan dari ancaman online. Dengan teknologi canggih, Fazpass dapat mendeteksi dan mencegah upaya peretasan atau akses ilegal sebelum terjadi, menjaga data dan informasi penting tetap aman.

Otomatisasi Autentikasi

Fazpass memungkinkan otomatisasi layanan autentikasi, bahkan saat Anda tidur. Ini berarti proses verifikasi berjalan secara otomatis tanpa memerlukan intervensi manual, mengurangi beban kerja dan memastikan bahwa autentikasi berlangsung dengan lancar dan efisien sepanjang waktu.

Identifikasi Biometrik

Fazpass juga mendukung integrasi biometrik yang mudah dengan sistem plug-and-play. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan verifikasi menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau metode biometrik lainnya, memberikan keamanan tambahan yang sulit untuk dipalsukan.

Standar FIDO Alliance

Fazpass mematuhi standar autentikasi internasional dari FIDO Alliance, yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan dunia pada kata sandi. Dengan menggunakan metode autentikasi yang lebih aman dan canggih, Fazpass membantu meningkatkan keamanan secara global dan mengurangi risiko yang terkait dengan penggunaan kata sandi tradisional.

Keamanan Berlapis

Fazpass menawarkan lapisan keamanan end-to-end yang melibatkan beberapa lapisan tambahan. Ini berarti setiap tahap dari proses autentikasi dilindungi dengan teknologi keamanan terbaru, memastikan bahwa data dan identitas pengguna tetap terlindungi dari berbagai ancaman siber.

Proses Implementasi Fazpass

Implementasi Fazpass cukup sederhana dan efisien. SDK Fazpass yang tersedia untuk iOS dan Android memiliki ukuran kurang dari 1Mb dan dokumentasi teknis yang lengkap tersedia di GitHub. Berikut adalah langkah-langkah dalam proses implementasi Fazpass:

  1. Integrasi Fazpass SDK: Tambahkan Fazpass SDK ke dalam aplikasi Anda. SDK ini tersedia untuk platform iOS dan Android, sehingga Anda dapat menggunakannya di berbagai perangkat.
  2. Penerapan di Aplikasi: Setelah SDK diintegrasikan, aplikasi Anda akan mulai menghasilkan meta data yang diperlukan untuk autentikasi.
  3. Pengiriman Metadata: Meta data yang dihasilkan oleh aplikasi kemudian dikirim ke server merchant untuk diproses lebih lanjut.
  4. Permintaan Aksi ke Server Fazpass: Server merchant akan mengirim permintaan aksi yang mengandung meta data ke server Fazpass. Pastikan IP server merchant telah masuk dalam daftar putih (whitelisted) di server Fazpass untuk keamanan.
  5. Tanggapan dari Server Fazpass: Server Fazpass akan memproses permintaan aksi dan mengirimkan tanggapan kembali ke server merchant. Tanggapan ini mengandung informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses autentikasi.
  6. Selesaikan Autentikasi: Server merchant menerima tanggapan dari server Fazpass dan meneruskan informasi tersebut ke aplikasi untuk menyelesaikan proses autentikasi.

Tips Menangani Perangkat Aman dan Tidak Aman

Pastikan perangkat aman dengan memeriksa rentang threshold dan mengikuti rekomendasi threshold. Untuk perangkat yang tidak aman, lakukan verifikasi dengan OTP, suspend akun pengguna, blokir perangkat pengguna, dan lakukan e-KYC.

Mengelola perangkat yang digunakan untuk mengakses sistem Anda adalah langkah krusial untuk memastikan keamanan data dan informasi penting. Berikut adalah beberapa tips untuk menangani perangkat aman dan tidak aman:

Pastikan Perangkat Aman

  • Periksa Rentang Threshold: Lakukan pemeriksaan terhadap perangkat yang digunakan untuk mengakses sistem dengan memeriksa rentang threshold yang telah ditetapkan. Rentang threshold ini adalah batasan yang ditentukan untuk mengidentifikasi apakah perangkat tersebut aman atau tidak berdasarkan pola penggunaan dan aktivitasnya.
  • Ikuti Rekomendasi Threshold: Setelah memeriksa rentang threshold, pastikan untuk mengikuti rekomendasi yang diberikan. Jika perangkat berada dalam rentang aman, tidak perlu ada tindakan lebih lanjut. Namun, tetap waspada dan lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan perangkat tetap dalam kondisi aman.

Menangani Perangkat Tidak Aman

  • Verifikasi dengan OTP: Jika perangkat terdeteksi tidak aman, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah meminta verifikasi tambahan melalui OTP (One-Time Password). Ini membantu memastikan bahwa yang mencoba mengakses adalah pengguna yang sah.
  • Suspend Akun Pengguna: Jika ada indikasi kuat bahwa perangkat tidak aman dan kemungkinan besar telah disusupi, sebaiknya segera suspend akun pengguna tersebut untuk mencegah akses lebih lanjut. Ini adalah langkah pencegahan sementara hingga situasi teratasi.
  • Blokir Perangkat Pengguna: Langkah berikutnya adalah memblokir perangkat yang teridentifikasi tidak aman. Ini memastikan perangkat tersebut tidak dapat digunakan untuk mengakses sistem sampai diperiksa dan dinyatakan aman kembali.
  • Lakukan e-KYC: Untuk verifikasi yang lebih mendalam, lakukan proses e-KYC (electronic Know Your Customer). Proses ini melibatkan pengumpulan dan verifikasi data identitas pengguna secara elektronik untuk memastikan bahwa pengguna tersebut benar-benar sah. Dengan e-KYC, Anda dapat memverifikasi identitas pengguna secara lebih akurat dan cepat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses sistem Anda aman dan dapat mengurangi risiko terhadap ancaman keamanan. Keamanan perangkat merupakan bagian penting dari strategi keseluruhan untuk melindungi data dan informasi bisnis Anda dari serangan digital.

 

Tentang Fazpass

Dapatkan ketenangan pikiran dengan mengamankan setiap transaksi dan pelanggan Anda dengan Fazpass. Kunjungi situs kami sekarang, atau hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut melalui demo gratis hari ini.

Fazpass merupakan penyedia layanan solusi autentikasi multi-faktor yang membantu perusahaan melalui omni channel dan multi-provider hanya dengan satu kali integrasi API.

Related Articles
Want to Keep Update on Fazpass Blog & Features?
For information about how Fazpass handles your personal data, please see our privacy policy.
fazpass logo
We are a Multi-Factor Authentication Solution Service Provider that helps enterprises engage with Omnichannel and Multi-Provider with just Single API Integration.
Jl. Delima I No. 10 Kav. DKI Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
ISO 27001FIDO_Alliance_Logo-1 1
crossmenuchevron-downchevron-right