logo fazpass
Home » Blog » Authentication » Temukan Penyebab Kode OTP Tidak Masuk dan Cara Mengatasinya

Temukan Penyebab Kode OTP Tidak Masuk dan Cara Mengatasinya

Seperti SMS atau chat WA, kode OTP sering kali tidak terkirim karena beberapa penyebab. Cari tahu kenapa kode OTP tidak masuk berserta solusinya di sini.
by Fazpass Indonesia
June 14, 2024

Seringkali penyebab kode OTP tidak masuk, membuat efisiensi perusahaan menjadi terhambat saat hendak melakukan integrasi. Terutama dalam pengelolaan beberapa vendor dan kanal dalam waktu serentak.

Lalu, apakah pemakaian OTP atau one-time password ini bukanlah solusi terbaik? Tentu tidak. OTP ini justru merupakan salah satu autentikasi multi-faktor (MFA) yang efektif, dalam mengamankan data-data penting. 

Meski begitu, OTP sayangnya tidak selalu berjalan sempurna. Masalah seperti kode OTP yang tidak masuk, akan menuntut setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

5 Penyebab Kode OTP Tidak Masuk dan Solusi Mengatasinya

Untuk mengetahui kenapa kode OTP tidak masuk ke WA maupun SMS, pikirkan seperti apa OTP bekerja. Sistem ini bukanlah sistem yang dapat berfungsi secara otomatis. Penerimaan kode OTP tetap mengandalkan perangkat.

Setiap perusahaan tentu memiliki perangkat yang digunakan dalam melakukan verifikasi OTP. Dengan kata lain, masalah yang datang dapat disebabkan dari perangkat tersebut, dan juga faktor eksternal yang terkait.

1. Salah Memasukkan Nomor Telepon 

Umumnya, proses verifikasi OTP dilakukan dengan memakai nomor telepon. Hal ini dilakukan supaya kode OTP dalam dikirimkan ke smartphone tersebut melalui SMS, atau juga dapat melalui aplikasi messenger WhatsApp.

Proses verifikasi tersebut akan berjalan dengan sempurna, jika nomor telepon yang digunakan memang sesuai. Masalahnya, tidak jarang human error seperti salah memasukkan nomor telepon terjadi tanpa disengaja.

Jadi sebelum memverifikasi dengan metode OTP, pastikan jika nomor telepon yang dipakai sudah tepat. Jangan sampai ada satu atau dua nomor yang salah, atau tidak sengaja memakai nomor telepon orang lain.

Perlu diingat, jika nomor telepon yang benar harus dipakai pada smartphone yang juga dipakai untuk menerima kode OTP. Dan terakhir, nomor telepon tersebut juga masih dapat dihubungi dengan normal.

2. Adanya Masalah Jaringan dari Pusat

Pihak yang akan mengirimkan kode OTP ke perusahaan, juga dapat menjadi penyebab kenapa OTP tidak masuk ke SMS maupun WA. Misalnya provider OTP yang mana memiliki jaringan server-nya tersendiri.

Bagi yang mengetahui tentang server, pasti paham jika ada momen bagi sebuah server untuk menjalankan perbaikan. Momen yang dinamakan dengan maintenance ini, akan membuat layanan server menjadi terhenti sementara.

Dalam masalah ini, sayangnya perusahaan diharapkan untuk menunggu hingga layanan OTP dapat kembali diakses. Perusahaan juga dapat menghubungi customer support, untuk mengkonfirmasi jika terbukti ada masalah jaringan dari pusat.

3. Kartu SIM Rusak dan Tidak Aktif

Penyebab kode OTP tidak masuk berikutnya juga dapat berasal dari masalah kartu SIM yang dipakai dalam smartphone. Kartu mini ini digunakan sebagai identitas dan autentikasi pengguna dari smartphone tersebut.

Apabila kartu SIM mengalami kerusakan maupun dinonaktifkan, maka kode OTP yang dikirimkan tidak bisa sampai ke smartphone. Karena kartu inilah yang akan menangkap pesan, telepon, dan sinyal internet.

Tanpa adanya kartu SIM, maka pemakai smartphone tidak dapat menggunakan layanan komunikasi yang seharusnya bisa diakses. Hal ini termasuk melakukan verifikasi MFA yang membutuhkan kode OTP.

Untuk mengatasi kenapa SMS OTP tidak masuk karena kartu SIM, ada beberapa solusi yang dapat dicoba tergantung dari masalahnya:

  • Apabila kartu SIM tidak dapat menangkap layanan, maka coba gunakan kartu SIM di smartphone lain, untuk memastikan kartu SIM tidak rusak. Solusi alternatifnya yaitu lakukan restart pada smartphone tersebut.
  • Jika kartu SIM tidak aktif, maka pastikan kartu tetap aktif dengan mengecek di Pengaturan. Untuk smartphone memiliki dual SIM card, pastikan kartu SIM dengan nomor yang benar tetap aktif.
  • Apabila kartu SIM mati karena nomornya sudah tidak aktif, maka pemilik kartu dapat mencoba menghubungi provider kartu SIM yang dimiliki. Ada kemungkinan provider tersebut memberikan opsi alternatif untuk mengirimkan kode OTP.

4. Lemahnya Sinyal saat Menunggu Kiriman Kode OTP

Masalah sinyal yang cukup mengganggu, tentu pernah dialami oleh para pengguna komunikasi digital di Indonesia. Sinyal yang dimaksud dalam konteks ini tidak hanya internet saja, namun juga telepon.

Adapun alasan sinyal yang lemah ini—seperti penyebab No. 3 di atas—juga disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari gangguan dari provider, berada di area yang sinyalnya lemah, hingga masalah pada smartphone.

Maka itu, pastikan untuk meminta kode OTP ketika sedang berada di area yang sinyalnya lebih bagus, atau saat jaringannya stabil. Setidaknya kekuatan sinyal yang ditangkap tidak lebih rendah dari dua bar

5. Adanya Pemblokiran Telepon atau SMS

Salah satu fitur unik dari smartphone sekarang adalah dapat memblokir telepon dan SMS, dari nomor yang tidak dikenal. Fitur ini disinyalir dapat menjadi penyebab kode OTP tidak masuk ke dalam SMS atau WhatsApp.

Selain fitur bawaan, sistem pemblokiran ini dapat terjadi karena penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan fitur serupa. Contohnya seperti Getcontact, yang dapat berfungsi menggantikan aplikasi Telepon.

Maka dari itu, pastikan fitur pemblokiran tersebut dinonaktifkan saat ingin menerima kode OTP. Termasuk aplikasi WhatsApp, pastikan opsi untuk memblokir penelepon tak dikenal diaktifkan untuk sementara. 

Apabila jika fitur tersebut tidak memblokir kiriman kode OTP, maka ada kemungkinan kiriman tersebut tak sengaja dimasukkan ke folder spam. Pastikan untuk mengecek folder filter atau spam pada SMS atau Telepon.

Pentingnya Kode OTP untuk Keamanan Data

Pentingnya Kode OTP untuk Keamanan Data

Kendati banyaknya penyebab kenapa kode OTP lama masuk, kode OTP tetaplah penting dalam mengamankan data penting. Ini sebabnya mengapa perusahaan perlu tahu mitigasi dari masalah kode OTP tersebut.

Peran kode OTP dalam peningkatan keamanan, tidak hanya sekedar di atas kertas saja. Ada banyak kelebihan dari salah satu faktor MFA ini, apabila dapat dikelola dengan baik:

  • Meningkatkan lapisan keamanan dengan signifikan. OTP yang bersifat time-limited dan dikirim ke berbagai kanal yang aman, dapat mempersulit peretas yang ingin mencuri data. OTP juga tidak dapat dipakai kembali jika sudah dipakai.
  • Membantu keamanan transaksi online. Mulai dari transaksi finansial, belanja secara digital, hingga mengakses informasi yang bersifat konfidensial. Kehadiran OTP dapat membuktikan kedua pihak transaksi merupakan pemilik akun yang resmi.
  • Memiliki peran penting dalam perkembangan keamanan di masa depan. OTP dapat menjadi basis untuk sistem keamanan yang lebih canggih, seperti biometrics OTP, passwordless OTP, hingga OTP yang didukung oleh AI.

Temukan Layanan OTP Terbaik bersama Fazpass!

One-time password pada dasarnya adalah perisai yang bagus untuk melindungi data perusahaan. Namun, proses autentikasi OTP dapat menjadi hal yang repetitif, jika perusahaan mengelola banyak vendor dan kanal.

Itu baru saja membahas tentang ketidakpraktisan. Belum lagi mengetahui jika proses integrasi OTP kompleks, dapat memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk perusahaan. Lantas, apa solusinya?

Jika Anda merasa dalam posisi ini, maka kami menyarankan Anda untuk memanfaatkan Fazpass. Fazpass merupakan all-in-one platform marketplace, yang dapat merangkum semua proses integrasi untuk Anda.

Fazpass tidak hanya sekedar mengedepankan kepraktisan. Anda juga mendapatkan layanan vendor OTP terbaik dengan harga kompetitif, serta menjanjikan waktu pengiriman hanya dengan beberapa ketukan saja.

Dengan Fazpass, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai penyebab kode OTP tidak masuk di atas. Karena kami akan menjanjikan proses autentikasi OTP yang mulus, untuk keamanan perusahaan Anda sekarang.

Hubungi kami sekarang untuk mempelajari lebih lanjut melalui demo gratis hari ini!

Related Articles
Want to Keep Update on Fazpass Blog & Features?
For information about how Fazpass handles your personal data, please see our privacy policy.
fazpass logo
We are a Multi-Factor Authentication Solution Service Provider that helps enterprises engage with Omnichannel and Multi-Provider with just Single API Integration.
Jl. Delima I No. 10 Kav. DKI Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
ISO 27001FIDO_Alliance_Logo-1 1
crossmenuchevron-downchevron-right