logo fazpass
Home » Blog » WhatsApp OTP » Jenis-jenis WhatsApp OTP dan Kelebihannya

Jenis-jenis WhatsApp OTP dan Kelebihannya

Bandingkan jenis-jenis Whatsapp OTP dan temukan pilihan OTP terbaik untuk bisnis anda.
by Fazpass Indonesia
May 19, 2024
Image by rawpixel.com on Freepik

Jenis-jenis WhatsApp OTP dan Kelebihannya

WhatsApp menjadi salah satu platform komunikasi terpopuler di dunia, dan salah satu fitur yang sangat penting adalah One-Time Password (OTP). Dalam artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis WhatsApp OTP dan kelebihannya, serta manfaatnya dalam dunia bisnis.

 

Apa itu WhatsApp OTP?

OTP atau One Time Password itu sendiri adalah kode verifikasi berupa angka ataupun karakter unik yang hanya bisa dipakai sekali dalam jangka waktu satu sampai dengan lima menit. OTP yang tidak boleh disebarkan karena menyangkut aktivitas login sebuah aplikasi dan dalam transaksi online, biasanya kode ini dikirim melalui email atau SMS.

Saat ini WhatsApp juga sudah bisa menjadi platform untuk pengiriman kode OTP. Sama seperti SMS OTP dan Email OTP, metode WhatsApp OTP akan memungkinkan kode OTP yang diminta oleh pengguna akan terkirim ke WhatsApp pengguna.

 

Jenis-Jenis WhatsApp OTP

  • WhatsApp Official OTP adalah pengiriman kode OTP oleh nomor atau akun resmi WhatsApp Business perusahaan ke WhatsApp pengguna. Biasanya akan terdapat centang hijau di Label pengirim. Dengan kata lain, menggunakan WhatsApp Official OTP memungkinkan perusahaan untuk melakukan masking pada nama pengirim. OTP ini merupakan bagian dari layanan yang diintegrasikan dengan platform bisnis dan menyediakan tingkat keamanan yang tinggi dengan dukungan dari Meta, perusahaan yang mengelola WhatsApp.
  • WhatsApp Generic OTP adalah pengiriman kode OTP ke pengguna WhatsApp dengan nama provider yang Anda pilih sebagai pengirim.
  • WhatsApp Unofficial OTP: WhatsApp Unofficial OTP adalah versi WhatsApp yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

 

Perbandingan WhatsApp OTP

 

WhatsApp Official WhatsApp Generic WhatsApp Unofficial
Charging 1 kali bayar per user / session Per usage Per usage
Dashboard Analitik Dashboard Meta - -
Waktu set-up Up to 1 bulan Siap dipakai Siap dipakai
Centang Hijau Tersedia - -
Masking Tersedia - -
Biaya Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

 

*Jika menggunakan Fazpass, semua jenis WhatsApp OTP akan mendapatkan dashboard analitik

 

Kelebihan WhatsApp OTP

  1. Keamanan Tinggi: WhatsApp OTP menawarkan keamanan tinggi dalam proses verifikasi nomor telepon, memastikan bahwa hanya pemilik nomor yang dapat mengakses akun tersebut. Dalam WhatsApp OTP, pesan juga didkirim secara ter-enkripsi end-to-end yang berarti hanya pengguna yang dapat membaca dan mengakses kode tersebut, yang tentunya dapat mengurangi risiko serangan pishing atau pemantauan oleh pihak ketiga.
  2. Lebih cepat: Kendala teknis lebih banyak kemungkinan untuk dialami oleh pengguna SMS OTP, seperti keterlambatan pengiriman atau ketidakandalan dalam menerima pesan. Dengan menggunakan jaringan data dan koneksi internal, WhatsApp OTP memiliki keandalan yang lebih baik.
  3. Tidak diragukan oleh pengguna : Menerima pesan SMS terkadang bisa saja diabaikan oleh pengguna karena kurangnya rasa percaya dan keamanannya. Dengan WhatsApp OTP hal ini bisa diatasi karena akun bisnis sudah terverifikasi.
  4. Harga Terjangkau : Dengan model Pay as You Go dan Best Price Guarantee, pengguna dapat mengakses layanan WhatsApp OTP dengan biaya yang terjangkau dan kompetitif. Anda bisa menurunkan biaya SMS OTP dan pesan international Long-Distance Operator (ILDO).

WhatsApp OTP menawarkan solusi autentikasi yang aman, mudah diintegrasikan dengan platform lain. Dengan keamanan yang tinggi, harga terjangkau, dan kemudahan integrasi, WhatsApp OTP tetap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kebutuhan autentikasi online.

 

Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan OTP dalam satu platform yang terpadu, Fazpass dapat membantu perusahaan dan pengguna individu untuk mengelola proses verifikasi menggunakan WhatsApp dengan lebih efisien dan aman.

 

Fazpass juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti dashboard analitik yang membantu perusahaan untuk memantau dan menganalisis data verifikasi secara real-time, serta layanan pelanggan yang responsif untuk mendukung pengguna dalam mengatasi masalah verifikasi dan keamanan. Dengan begitu, penggunaan layanan OTP melalui Fazpass menjadi lebih terintegrasi, efisien, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi perusahaan maupun pengguna individu.

Tentang Fazpass

Dapatkan ketenangan pikiran dengan mengamankan setiap transaksi dan pelanggan Anda dengan Fazpass. Kunjungi situs kami sekarang, atau hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut melalui demo gratis hari ini.

 

Fazpass merupakan penyedia layanan solusi autentikasi multi-faktor yang membantu perusahaan melalui omni channel dan multi-provider hanya dengan satu kali integrasi API.

Related Articles
Want to Keep Update on Fazpass Blog & Features?
For information about how Fazpass handles your personal data, please see our privacy policy.
fazpass logo
We are a Multi-Factor Authentication Solution Service Provider that helps enterprises engage with Omnichannel and Multi-Provider with just Single API Integration.
Jl. Delima I No. 10 Kav. DKI Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
ISO 27001FIDO_Alliance_Logo-1 1
crossmenuchevron-downchevron-right