logo fazpass
Home » Blog » Authentication » 4 Cara Mendapatkan Kode OTP Terbaik: Pilih yang Paling Tepat!

4 Cara Mendapatkan Kode OTP Terbaik: Pilih yang Paling Tepat!

Pentingnya kode OTP untuk keamanan akun. Cara mendapatkan kode OTP biasanya dikirim lewat SMS, email, missed call atau WhatsApp. Cari tahu selengkapnya di sini!
by Fazpass Indonesia
June 27, 2024
4 cara mendapatkan kode otp

Tidak hanya user atau pelanggan saja yang perlu tahu cara mendapatkan kode OTP. Perusahaan yang mengelola bisnis pun juga harus tahu, terutama saat perusahaan memiliki layanan yang membutuhkan proses verifikasi.

Kode OTP atau one-time password ini diibaratkan sebagai info berharga. Sebab, kode numerik yang umumnya berjumlah 6 angka ini dibutuhkan saat melakukan transaksi online, perubahan informasi konfidensial, hingga konfirmasi login akun.

Jadi, penting bagi pihak pelanggan  dan juga perusahaan untuk mengetahui kode OTP dengan baik. Mulai dari bagaimana pentingnya kode OTP itu, dan apa saja jenis media yang digunakan untuk menerima kode OTP.

Pentingnya Kode OTP untuk Melindungi Bisnis

Masyarakat awam tentunya hanya mengenal kode OTP, sebagai salah satu proses yang wajib diikuti saat membuat akun atau transaksi online. Namun, ternyata kode OTP ini juga sangat penting di mata pebisnis.

Bagaimana bisa? Jika disimpulkan, perusahaan-perusahaan ini memiliki layanan aplikasi yang membutuhkan verifikasi maupun konfirmasi. Jadi, alasan mengapa kode OTP itu sangat penting bagi bisnis tentunya adalah:

1. Menguatkan Keamanan

Perusahaan finansial atau bank, tentunya memiliki informasi yang sangat sensitif dari pelanggannya. Bayangkan saja, apa yang terjadi jika peretas mengetahui informasi mengenai PIN dari akun rekening?

Karena itu, keamanan merupakan faktor paling penting dari memberikan layanan seperti banking. Dengan adanya OTP sebagai lapisan tambahan, maka akan semakin sulit untuk peretas yang mencoba mengakses akun tersebut.

Hal ini juga tetap berlaku untuk jenis perusahaan lainnya. Misalnya, seperti akun yang memiliki data pribadi. Data ini dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka itu, perusahaan perlu memperketat keamanan semaksimal mungkin.

2. Mempermudah Proses Verifikasi

Cara mendapatkan nomor OTP yang mudah, juga membantu pelanggan dalam memverifikasi akun atau mengkonfirmasi transaksi. Sebab, OTP hanya berisi enam angka yang tidak sulit untuk disalin dan ditempel.

Di Android sendiri, proses pengisian kode OTP juga semakin mudah dengan adanya sistem auto-fill. Hal ini tentu membuat proses verifikasi menjadi semakin mudah, serta membantu orang awam saat mengerjakannya.

Jikalau salah satu media yang dipakai untuk mengirim OTP gagal, pelanggan tetap bisa meminta kode OTP melalui jalur lain. Misalnya kalau sedang tidak mengakses internet, kode OTP tetap bisa dikirim dalam bentuk pesan SMS.

3. Meyakinkan Pelanggan

Tidak ada pelanggan yang ingin bertransaksi atau mendaftar, pada aplikasi atau situs yang keamanannya diragukan. Termasuk situs yang mengalami kebocoran data-data penting, yang dapat merugikan semua pihak terkait.

Karena itu, perusahaan perlu membuat pelanggan merasa aman dengan layanan, dengan menguatkan keamanan. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan kode OTP yang sifatnya sekali pakai.

Orang yang melihat bahwa tingkat keamanan perusahaan tinggi, cenderung akan lebih memilih perusahaan tersebut. Intinya, kode OTP dapat digunakan oleh perusahaan supaya pelanggan semakin yakin.

4 Cara Mendapatkan Kode OTP

Saat ini memang banyak jenis media yang dapat digunakan sebagai wadah pengiriman kode OTP. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, maka semakin banyak cara mendapatkan OTP bagi siapapun.

Bagi user atau pelanggan yang ingin meminta kode sandi sekali pakai ini, ada setidaknya empat cara untuk mendapatkannya. Mari kenali bagaimana metodenya dari empat jenis media OTP di bawah ini:

Melalui SMS OTP

cara mendapatkan kode otp: sms otp

Yang paling sering dipakai untuk mendapatkan kode OTP yaitu melalui SMS, biasa disebut SMS OTP. Alasan-alasan utama mengapa SMS paling banyak dipilih oleh perusahaan maupun bank, semuanya berkaitan dengan faktor keamanan.

Saat pengguna layanan aplikasi meminta kode OTP melalui SMS, server akan meminta nomor telepon mereka dahulu. Seperti layaknya ketika seseorang ingin mengirim pesan. Harus tahu dulu nomor teleponnya.

Setelah pengguna mengetikkan nomor teleponnya dan meminta kode OTP, baru server akan mengirimkan pesan berisi kode OTP tersebut. Umumnya, pesan sampai ke nomor yang dituju dalam hitungan beberapa detik saja.

Nantinya, pengguna akan melihat notifikasi di layar bahwa pesan kode OTP sudah masuk ke aplikasi Pesan. Tinggal ketikkan kode OTP yang dikirim ke kolom yang disediakan, dan proses verifikasi dapat dilanjutkan kembali.

Terkadang, perusahaan juga menggunakan fitur flash SMS dan SMS blast dalam mengirimkan kode OTP. SMS blast akan membuat Sender ID yang mengirim pesan menjadi nama brand/perusahaan tersebut.

Melalui Email OTP

cara dapatkan kode otp: email otp

Tidak semua layanan aplikasi atau situs menggunakan SMS. Terutama saat membuat akun atau merubah informasi konfidensial, umumnya pengguna akan dikirimkan kode OTP melalui email yang digunakan akun.

Cara dapatkan kode OTP melalui email juga tidak begitu berbeda dengan SMS. Saat pengakses layanan aplikasi atau situs meminta kode OTP, server akan mengirim kode ke email yang dipakai oleh pemilik akun tersebut.

Umumnya email yang dipakai berasal dari Gmail, jadi pemilik akun hanya tinggal membuka aplikasi Gmail yang sudah ada di smartphone Android. Selain Gmail, juga ada Yahoo dan Outlook, yang prosesnya tetap sama.

Pastikan untuk mengecek nama pengirim email kembali sebelum membukanya. Setelah itu, tinggal salin kode email OTP yang diberikan, dan tempelkan pada kolom yang tersedia.

Melalui WhatsApp OTP

cara mendapatkan kode otp: whatsapp otp

Siapa yang menduga jika aplikasi messenger dapat dijadikan sebagai media untuk pengiriman kode OTP? WhatsApp membuat hal itu menjadi mungkin, dengan adanya W

 

hatsApp Business API yang diintegrasikan oleh para provider OTP atau sering dikenal dengan sebutan WhatsApp OTP.

Lalu, apa cara mendapatkan kode OTP melalui WhatsApp itu berbeda dengan SMS dan email? Tentu tidak. Justru, WhatsApp lebih aman karena pesan kode OTP tersebut di-enkripsi, dan pengirimnya sudah terverifikasi.

Seperti halnya SMS, pengguna akan perlu mengetikkan nomor teleponnya agar mendapat kode OTP melalui WhatsApp atau WhatsApp OTP. Hal ini karena akun WhatsApp memakai nomor telepon sebagai identitas dari akunnya.

Setelah itu, buka WhatsApp, dan cek pesan baru yang muncul dari penyedia layanan yang dicentang hijau. Tinggal gunakan kode dari isi pesan tersebut untuk melanjutkan verifikasi.

Melalui Missed Call OTP

cara dapatkan kode otp: missed call otp

Kini, ada juga yang memakai bentuk pengiriman kode OTP baru yang disebut missed call OTP. Sesuai dengan namanya, missed call OTP menggunakan nomor telepon, tanpa perlu mengangkat panggilan masuk.

Missed call OTP kadang kali disebut juga dengan flash call OTP. Hal ini dikarenakan sistemnya yang sama dengan flash SMS. Keduanya bersifat cepat, dalam hitungan detik, dan tidak menyimpan data di dalam memori.

Kalau begitu, bagaimana cara mendapatkan kode OTP dengan opsi ini? Beginilah proses di balik missed call OTP:

  • Mula-mula, pengakses layanan aplikasi akan memasukkan nomor telepon yang akan dikirim kode OTP.
  • Sistem missed call akan menerima nomor tersebut, lalu membuat enam kode random, yang kemudian dikirim ke backend menggunakan API.
  • Pemilik nomor telepon akan mendapatkan panggilan cepat yang berisi kode OTP tersebut.
  • Tinggal lanjutkan proses verifikasi dengan mencatat kode OTP yang diberikan, lalu ketikkan ke kolom yang tertera.
  • Sistem missed call OTP mendapat kecocokkan antara kode yang dibuat, dengan kode yang dimasukkan pengguna. Sistem baru akan melanjutkan proses verifikasi pengguna.

Itu dia penjelasan mengenai cara mendapatkan kode OTP dari berbagai jalur pengiriman. Ternyata, mudah juga proses verifikasi kode OTP, apapun media yang digunakan. Tidak hanya simpel, namun juga cepat prosesnya.

Temukan Jasa OTP Terbaik bersama Fazpass!

Anda mungkin masih ragu dalam memilih mana OTP terbaik untuk perusahaan. Untungnya, masih ada jalan pintas. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan mudah dengan memanfaatkan Fazpass.

Apa itu Fazpass? Kami adalah all-in-one OTP marketplace yang dapat membantu segala kebutuhan Anda akan berbagai jenis layanan OTP. Termasuk OTP yang disediakan berbagai provider di atas. Kami siap membantu pengelolaan integrasi kompleks dengan berbagai vendor dan kanal sekaligus. Anda akan dapat menyimpan tenaga dan waktu Anda untuk urusan perusahaan.

Tidak hanya itu, kami juga membantu Anda mencari OTP pricing yang paling murah, dan sesuai dengan keperluan bisnis Anda. Manajemen OTP Anda akan menjadi mulus, serta hemat biaya hingga 60%!

Dari semua itu, Anda bisa mencoba layanan kami dengan gratis. Jadi, tunggu apa lagi? Mari bersama Fazpass temukan penyedia layanan OTP service terbaik!

Related Articles
Want to Keep Update on Fazpass Blog & Features?
For information about how Fazpass handles your personal data, please see our privacy policy.
fazpass logo
We are a Multi-Factor Authentication Solution Service Provider that helps enterprises engage with Omnichannel and Multi-Provider with just Single API Integration.
Jl. Delima I No. 10 Kav. DKI Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
ISO 27001FIDO_Alliance_Logo-1 1
crossmenuchevron-downchevron-right